Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Jagung Untuk Tubuh Kita

manfaat jagung bagi tubuh kita, manfaat jagung untuk tubuh kita, manfaat jagung tubuh, manfaat jagung bagi tubuh manusia, manfaat jagung untuk tubuh manusia, manfaat jagung bagi kesehatan tubuh manusia, manfaat jagung muda bagi tubuh, manfaat jagung manis buat tubuh, manfaat jagung muda untuk tubuh, manfaat jagung bagi kulit tubuh, manfaat jagung manis bagi tubuh manusia, manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh, manfaat nasi jagung bagi tubuh, apa manfaat jagung bagi tubuh, apa manfaat jagung bagi tubuh manusia, apa manfaat jagung untuk tubuh, khasiat jagung bagi tubuh manusia, manfaat jagung rebus buat tubuh, manfaat rambut jagung bagi tubuh, kandungan dan manfaat jagung bagi tubuh, manfaat batang dan tubuh jagung, manfaat jagung dalam tubuh, manfaat jagung bagi kesehatan tubuh, manfaat makan jagung bagi tubuh, manfaat nasi jagung untuk tubuh, manfaat jagung rebus bagi tubuh, manfaat jagung rebus untuk tubuh, manfaat jagung untuk tubuh, khasiat jagung untuk tubuh, manfaat jagung untuk badan,


manfaat jagung manis bagi tubuh manusia


Kandungan Gizi Jagung - Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat, untuk pengganti padi yang bisa kita konsumsi untuk pengganti nasi. tanaman yang memiliki nama latin zea mays L ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak sekali. tanaman yang semusim (anual) ini yang mempunyai masa hidup dan berbuahnya sekitar 80-150 hari. paruh pertama adalah masa pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua adalah masa pertumbuhan genetatif.

Jagung adalah tumbuhan semusim (annual)  yang mempunyai masa hidup pada rentan 80-150 hari.  Tanaman dengan nama latin “zea mays L” ini memiliki Masa hidup yang  dibagi menjadi dua periode,periode  pertama adalah masa pertumbuhan vegetative dan periode kedua adalah  masa pertumbuhan genetatif.

Jagung adalah salah satu bahan makanan  pokok yang bisa kita jadikan  makanan pengganti beras (nasi), yang umum dikonsumsi masyarakat di  nusantara. Sebagaia makanan pokok, tentu jagung memiliki banyak sumber energy yang berasal dari  karbohidrat, kalor dan protein yang terkandung pada jagung. Selain itu, jagung juga kaya serat kasar yang lambat diserap tubuh hingga baik dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes, orang yang memiliki kolesterol tinggi maupun yang orang yang sedang diet.  Ada banyak lagi zat – zat yang bermanfaat yang terkandung dari  jagung, apa saja ?? . Simak penjelasan berikiut :

Kandungan Gizi dan Manfaat Jagung Bagi Tubuh :

Beberapa kandungan gizi pada jagung yang bermanfaat bagi tubuh kita antara lain :
Kalori : 355
Kalori Protein : 9,2 gr
Lemak : 3,9 gr
Karbohidrat : 73,7 gr
Kalsium : 10 mg
Fosfor : 256 mg
Ferrum : 2,4 mg
Vitamin A : 510 SI
Vitamin B1 : 0,38 mg
Air : 12 gr

 Manfaat dan kandungan gizi dalam buah jagung :

1. Kalori
Banyak yang sudah mengetahui kalau kandungan kalori dalam jagung adalah salah satu yang tertinggi dari kelompok sereal yaitu 342 kalori per 100 grams. Makanan dengan kalori tinggi seperti jagung sangat baik dikonsumsi oleh remaja. Karena kebutuhan kalori pada masa pertumbuhan remaja sangat tinggi yaitu 2200 untuk putri dan 3000 kaori pada remaja putra. Kalori  sendiri adalah sejumlah energi panas yang diperlukan untuk meningkatkan suhu 1 kilogram air sebesar  1 C. sumber energi diperoleh dari nutrisi yang esensial seperti protein, karbohidrat dan lemak.

2. Protein
Dalam  100 gram jagung mengandung 9,2 gr protein. Protein sangat penting untuk tubuh karena merupakan peyusun utama makhluk hidup., danseperti kita tahu, manfaat protein adalah sebagai sumber energy dan menambah volume otot. Selain itu juga protein membantu system kekbalan tubuh dan pelepasan insulin.

3. Lemak
Jagung mengandung asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. 

3. Karbohidrat
Sebagai makanan pokok, Jagung mengandung karbohidrat yang menjadi sumber utama tenaga manusia.

4. Kalsium dan Fosfor
Kekurangan akan  fosfor akan menyebabkan tubuh lemah, pertumbuhan melambat, serta pertumbuhan tulang dan gigi dapat menjadi abnormal. Gejala kekurangan akan  fosfor adalah tubuh menjadi  lesu dan nafsu makan berkurang. Oleh karna itu, Kandungan kalsium dan fosfor  pada jagung sangat penting untuk tulang dan gigi.


5. Vitamin A dan B1
Kandungan gizi jagung lainnya adalah vitamin A, dan B1. Kedua vitamin ini sangat baik untuk tubuh. Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Sedangkan vitamin B1 yang juga dikenal sebagai thiamin, bahan bakar yang membantu tubuh Anda dengan mengubah gula darah menjadi energi. Itu membuat selaput lendir Anda sehat dan sangat penting bagi sistem saraf, jantung dan fungsi otot.

Tips : Untuk mendapatkan manfaat serat, makanlah jagung dalam kondisi utuh (bulirnya) (jangan yang sudah digiling) dan makan jagung segar bukan jagung kaleng yang sudah mengandung pengawet akan memberikan zat gizi lebih.


Demikianlah artikel ini saya buat. Terimakasih atas perhatianya..

Post a Comment

0 Comments