Ticker

6/recent/ticker-posts

Tumis Kangkung Gurih

resep kangkung enak, resep cah kangkung enak, resep plecing kangkung enak, resep ca kangkung enak, resep kangkung enak dan gurih, resep tumis kangkung enak ala restoran, resep kangkung terasi gurih dan enak, resep kangkung terasi enak, resep kangkung enak gurih, resep tumis kangkung enak pedas,

cara membuat tumis kangkung gurih


Untuk keluarga yang sangat menyukai sayuran, mungkin  kangkung adalah salah satu sayuran  favorit anda. Sayuran ini sangat cocok untuk disajikan dimeja makan keluarga. Ada banyak  Resep cah kangkung, yang menjadi salah satu resep favorit yang bisa  dicoba adalah tumis kangkung terasi yang membuat tumisan lebih gurih.
Ternyata menu masakan yang nikmat tidak harus mahal kan, Bun? Dengan harga kangkung yang murah Anda bisa menyajikan masakan yang nikmat untuk keluarga. Masakan ini merupakan salah satu makanan favorit kebanyakan masyarakat Indonesia. Masakan ini  sangat nikmat, mudah sekaligus murah meriah.  Tetapi katanya kangkung juga bisa bikin orang ngantuk loh, jadi sebaiknya jangan di makan pada waktu jam kerja yah.
Tidak sabar ingin memasak? 

Bahan Tumis Kangkung :
·        seikat kangkung
·        5 siung bawang merah
·        2 siung bawang putih
·        1 lombok merah besar
·        Cabai merah dan cabai rawit  sesuai selera
·        Saus tiram ± 3 sdm
·        Lengkuas 1/3 ruas jari
·        Sedikit garam
·        Gula aren/gula pasir secukupnya
·        Terasi
·        Tomat
·        Mentega / minyak

 cara membuat tumis kangkung enak :

1.         kangkung dibersihkan dan di petik daunnya.
2.       Iris bawang merah , bawang putih, tomat dan cabai
3.       Kemudian panaskan mentega/minyak di penggorengan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
4.       Masukan cabai , terasi, dan lengkuas segera lingkarkan saus tiram di pinggir2 bumbu yang sedang ditumis, bukan langsung ke bumbunya.
5.       Setelah itu masukan kangkung yang telah di cuci, jangan ditambahkan air. usahakan jangan menambahkan air ketika menumis sayuran. karena sebenarnya air akan keluar sendiri dari kangkung yang dicuci. akali dengan mengecilkan api.
6.       Setelah matang/atau hampir matang masukan garam dan gula. tahap terakhir ini usahakan untuk mencicipi dahulu kuahnya. karena biasanya terasi dan saus tiram sendiri sudah asin.
7.       Masukan tomat dan siap di hidangkan hangat-hangat.

TIPS : Cara masak kangkung agar enak

*1. Kunci membuat oseng-oseng terletak pada keberanian bumbu, atau kaya bumbu. Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum sayuran dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar/cemplang.
*2. Masak Tumis Kangkung sesaat sebelum dihidangkan dan santap segera. Bagi anda yang kurang menyukai bumbu terasi, silahkan mencoba versi lain yang simpel tetapi rasanya tak kalah lezat pada link di akhir artikel ini.
*3. Setelah matang, sebaiknya kangkung jangan dipanaskan kembali. Menurut beberapa sumber, memanaskan kangkung beberapa kali bisa menyebabkan keracunan.

Semoga bunda dan keluarga bisa mencoba dan menikmati masakan kangkung yang satu ini, happy cooking :)


Post a Comment

0 Comments