Ticker

6/recent/ticker-posts

Nasi Pepes Bakar


Resep dan Cara Membuat Nasi Pepes Bakar

Resep Nasi Pepes Bakar

Bahan & bumbu:-
- 1 mangkuk nasi putih, berat kira-kira 1000 gr
- 250 gram hati + ampela ayam, potong dadu
- 100 gram teri medan, cuci tiriskan dan goreng. (untuk resep kali ini teri medan saya hilangkan karena persedian habis)
- 4 butir bawang merah, iris tipis
- 3 butir bawang putih, keprak, cincang halus
- 5 butir cabai rawit, iris serong tipis
- 2 cm jahe, pipihkan
- 3 cm lengkuas, pipihkan
- 2 batang serai, pipihkan
- 3 lembar daun jeruk- 2 lembar daun salam
- 3 cm kunyit, iris serong memanjang
- 2 batang daun bawang, potong melintang kasar
- 1 ikat kecil daun kemangi, ambil pucuk muda dan daunnya.
- 1 lembar daun pandan potong-potong melintang sepanjang 10 cm
- ¼ sendok teh merica bubuk- ½ sendok teh terasi bakar, haluskan dengan 1 sendok makan air
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- Garam dan gula secukupnya. (hati-hati jika menggunakan teri medan, karena rasanya yang asin jadi sebaiknya garam diberikan setelah teri tercampur ke dalam nasi)
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 10 lembar daun pisang untuk membungkus

Cara memasak Nasi Pepes Bakar:

** Panaskan minyak di penggorengan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan cabai, jahe, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, kunyit, tumis hingga semua bumbu layu. Kemudian masukkan ampela+hati, aduk-aduk hingga tercampur dengan bumbu, masukkan merica bubuk, kaldu bubuk, gula, terasi dan 100 ml air. Masak hingga ampela+hati matang, dan air hampir mengering. Masukkan daun bawang, aduk-aduk hingga layu. Angkat.

** Di mangkuk besar, campur nasi dengan tumisan dan teri goreng hingga tercampur rata. Buang daun salam, lengkuas dan jahe. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Masukkan setengah kemangi ke adonan nasi, aduk rata.

**.Siapkan daun pisang untuk membungkus. Supaya mudah membungkus adonan nasi dengan daun pisang, saya biasanya memasukkan daun yang masih segar ke dalam kukusan yang panas sebentar saja hanya agar daun layu. Atau bisa juga dijemur di bawah terik matahari.

** Ambil 2 lembar daun, gunting pangkal daun yang keras supaya mudah membungkusnya. Tumpukkan daun menjadi satu. Letakkan bagian daun sebelah atas dengan sisi hijau menghadap ke atas. Letakkan satu lembar potongan daun pandan dan kira-kira lima sendok makan nasi atau lebih, tergantung selera.

** Tekan agar agak padat. Hiasi dengan satu butir cabai rawit dan beberapa lembar daun kemangi. Bungkus seperti hendak membuat lontong. Semat dengan tusuk gigi atau lidi. Gunting kedua ujung bungkusan daun supaya rapi.Lakukan hingga adonan nasi habis,

** kemudian kukus selama + 20 menit. Angkat. Bakar nasi diatas wajan yang diolesi minyak. Saya menggunakan pembakar untuk barbeque yang saya beli di supermarket dengan kawat besi dan lubang api di bagian tengahnya. Cukup meletakkannya di atas kompor. Balik-balik nasi pepes supaya daun tidak terbakar habis. Jika daun mulai mengering kecoklatan dan agak sedikit gosong maka nasi pepes bakar siap untuk dihidangkan.Makan selagi panas.

Post a Comment

0 Comments